by

Stop Bahan Kimia, Manfaatkan Bahan Alami

Memiliki kulit yang sehat tentu menjadi keinginan semua orang, baik wanita maupun pria. Untuk mendapatkan kulit yang sehat, banyak orang rela mengeluarkan uang yang cukup banyak bahkan menggunakan bahan yang justru dapat membahayakan kesehatan. 

Contoh bahan yang harus dihindari adalah merkuri. Bahan tersebut memiliki kemampuan untuk menghambat pembentukan melanin sehingga kulit tampak lebih cerah dalam waktu singkat. Padahal di balik hal itu, merkuri justru sangat berbahaya dan sebaiknya Anda mewaspadai produk-produk yang mengandung merkuri. 

Merkuri bersifat korosif pada kulit. Artinya saat merkuri dioleskan pada kulit maka dapat membuat lapisan kulit semakin menipis. Paparan yang tinggi terhadap merkuri dapat berupa kerusakan pada saluran pencernaan, sistem saraf, dan ginjal.

Selain itu, merkuri juga berisiko mengganggu berbagai organ tubuh, seperti otak, jantung, ginjal, paru-paru, dan sistem kekebalan tubuh.

Merkuri tidak hanya akan berdampak kepada orang dewasa. Bayi dan anak merupakan golongan yang juga tidak luput dari risiko paparan merkuri dan efek sampingnya.

Meskipun banyak yang mengetahui bahaya penggunaan merkuri, tidak sedikit wanita tetap memilih produk kecantikan yang memiliki kandungan bahan tersebut karena tergiur dengan hasil instan yang diberikan.

Padahal banyak bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk merawat kulit seperti madu, buah-buahan dan sayuran. Berikut kami rangkumkan beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan:

  1. Alpukat, bahan satu ini dipercaya dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit, mulai dari kulit kering hingga membantu membersihkan wajah dari flek hitam. Kandungan vitamin C pada buah alpukat juga bisa membantumu mencerahkan wajah.
  2. Strawberry, buah ini kaya akan vitamin C-nya yang juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Selain itu strawberry juga mengandung vitamin E dan K yang berkasiat untuk mengencangkan, serta meremajakan kulit wajah kamu. Buat kamu yang bermasalah dengan jerawat, strawberry juga memiliki kandungan asam salsilat yang membantu menyingkirkan sel kulit mati dan jerawat.
  3. Yoghurt dan Madu, asam hidroksi alami yang terdapat dalam madu membantu pengelupasan sel kulit mati, mencerahkan serta melembabkan kulit wajah. Rasa asam pada yogurt bisa pula mengusir jerawat dari wajah. Sedangkan madu sendiri memiliki banyak khasiat untuk kulit, salah satunya dapat menghaluskan dan juga mencerahkan wajah.

Biasanya bahan-bahan tersebut digunakan untuk masker wajah dan jika kita rutin memakainya maka hasil yang diperoleh tidak kalah dengan krim racikan yang dijual di klinik, malah lebih sehat lagi. Masih banyak lagi buah dan sayur seperti kentang, tomat dan lainnya yang dapat dimanfaatkan. Pastikan untuk menggunakan buah atau sayur organik yang tidak terpapar pestisida supaya nutrisi yang diberikan untuk kulit dapat maksimal. Bila kulit muka kamu tidak memiliki masalah yang berat seperti jerwatan menahun atau flek hitam maka sebaiknya hindari penggunaan krim-krim racikan. Lebih baik menggunakan krim yang ada dipasaran, dengan catatan amati komposisi kandungan yang ada didalamnya. Yuk mulai sekarang biasakan menggunakan bahan alami, tanpa efek samping dan bisa memperoleh hasil maksimal. 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed